Rabu, 04 Juli 2012

Memperbaiki Keyboard Laptop

Postingan kali ini sya akan menerangkan bagaimana cara memperbaiki keyboard laptop yang rusak. Pengalaman ini saya dapatkan dari pengalaman pribadi saya. Waktu itu Laptop saya dipinjam teman, eh gak taunya setelah saya nyalain beberapa dari tombol pada keyboardnya gak fungsi.. Pusing deh jadinya, mana duit lagi cekak lgi..
Lama saya berpikir untuk mengatasi masalah ini..
Akhirnya saya putuskan untuk memperbaikinya sendiri, itung2 sekalian belajar. karena dalam pemikiran saya andaipun di bawa ke bengkel toh di bongkar juga.. ya gk brow..
Ok lah, itu hanya motivasi aja x. Skarang kita langsung ke pokok postingan ini. Tapi perhatikan dan hati2 dlm melakukannya.., jngn smpai bsa bongkar gk bisa pasang lgi.. klo perlu step by step agan foto..
Untuk pengecekan awal tombol keyboard bisa dengan sebuah free sofware. klo saya pake KeyboardTest Portable yg bisa di download secara gratis.

Berikut langkah2 perbaikannya.

Langkah pertama kita bongkar baterenya, jngn lupa lepas pengunci baterenya dulu.....





Langkah kedua kita lepas baut yg berada dibawah tempat baterai tsb. Baut itu adalah pengunci dari tutup speaker yg berada di atasnya.



Langkah ketiga adalah melepas tutup speaker yg berada di bagian atas.


Langkah ke empat adalah melepas baut pengunci keyboard yg berada dibawahnya.


Langkah kelima lepaskan keyboard dengan mendorongnya kearah depan, setelah lepas dari pengaitnya lepaskan kabel flexsibelnya. Lihat gambar.

Langkah enam : lepaskan semua tombol keyboard. Klo sya lebih mudah melepasnya dari bawah, beberapa orang ada yg dri atas. Dorong masuk kedua pengunci tombol dengan obeng minus kecil, nantinya tombol akan lepas.
Setelah semua tombol lepas, pisahkan casing dan under keyboardnya.
Under Keyboard ini adalah plastik lapis yg berfungsi sbgai PCB drpda Keyboard, didalamnya terdapat alur conduktor  sbgai penghubung fungsi tiap2 tombol.
Sekarang pd under keypadnya anda dapat memeriksa bagian mana dr keyboard anda yg rusak .

Pada kasus yg saya hadapi adalah tdk berfungsinya beberapa tombol, dan ternyata karena PCB pada under keyboard yg putus. Setelah saya sambung kembali keyboardnya berfungsi normal lagi.
Cukup mudah bukan.., n  yg terpenting kita dapat tmbahan pengetahuan serta mengurangi biaya.
Semoga postingan ini bisa membantu dan berguna.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar